Tips Sehat Ibu Hamil

Tips Sehat Ibu Hamil
December 24, 2019 budhijaya

Ibu hamil perlu menerapkan pola hidup sehat selama hamil untuk menghindari berbagai risiko yang dapat mengganggu kesehatan bayi. Berbagai pola hidup yang perlu diterapkan ibu hamil, antara lain:

1. Konsumsi makanan yang bergizi
Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein (ikan, telur, daging merah, daging ayam, kacang-kacangan), kalsium (ikan sarden, ikan salmon, brokoli, almond, susu kedelai) , dan mineral (keju, susu, biji-bijian, ikan, hati, kuning telur, daging merah).

2. Hindari mengonsumsi kafein dan alcohol
Kafein dan alkohol dapat menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat. Selain itu, muncul risiko bayi lahir cacat dan mengalami keterbelakangan mental. Konsumsi air putih minimal 2 liter perhari.

3. Mengonsumsi kacang almond secara rutin
Kacang almond kaya akan Vitamin E, B2, B9, protein, dan serat yang baik untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

4. Olahraga teratur
Olahraga yang disarankan untuk ibu hamil seperti senam, jalan sehat, renang, atau yoga. Lakukan olah raga setiap hari minimal 30 menit (disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing – maisng ibu hamil).

5. Dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas
Ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dan berkualitas untuk membantu memulihkan tenaga sehingga tidak mudah lelah. Tidur minimal 8 jam perhari.

6. Hindari produk yang mengandung bahan kimia
Hindari bahan kimia yang mengandung merkuri, AHA, retinoid, dan zat lain yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan kandungan.

Sebelum menjalankan tips diatas, Bunda harus mengetahui kondisi kandungan Bunda ya… Karena setiap Ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda ya… .
Yuk konsultasikan kesehatan Bunda dengan Dokter Spesialis Kandungan kami di RSIA Budhi Jaya.

RSIA Budhi Jaya
Jl. dr. Sahardjo No 120, Tebet, Jakarta Selatan Tlp. (021) 8311722