Puasa Lancar Untuk Ibu Menyusui

Puasa Lancar Untuk Ibu Menyusui
May 18, 2019 budhijaya
In Promo

Meski diperbolehkan untuk tidak berpuasa saat menyusui, nyatanya banyak ibu yang rindu ingin menjalankan ibadah puasa di bulan suci. Lalu, bagaimana caranya ibu menyusui puasa tetapi ASI bisa tetap lancar?
.
Demikian tips agar Ibu Menyusui tetap dapat berpuasa :
1. Jaga Nutrisi Makanan
Selama berpuasa, frekuensi makan tetap tiga kali sehari, dimulai dari buka puasa hingga sahur. Pilih menu yang bergizi dan perbanyak sayur yang kaya akan serat. Usahakan komposisi nutrisi terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat.

2. Konsumsi Banyak Cairan Saat Sahur dan Buka
Asupan air putih dari mulai berbuka puasa hingga sahur harus minimal 2 liter. Bunda juga bisa menambahkan konsumsi cairan lain seperti jus buah, madu, dan susu.

3. Konsumsi Makanan Yang Dapat Memperlancar ASI
Beberapa makanan yang dapat memperlancar ASI seperti sayuran dan buah-buahan, misalnya pepaya, jambu air, semangka dan kecambah.

4. Pompa dan Menyusui Semaksimal Mungkin Saat Malam Hari.
Produksi ASI saat siang hari pasti akan berkurang. Jadi coba manfaatkan waktu malam harimu untuk memompa ASI dan menyusui. Stok ASI itu juga bisa kamu gunakan saat siang hari.

5. Istirahat Cukup
Puasa bagi ibu menyusui pasti terasa berat, karena tubuh akan lebih sering lemas setelah memberikan ASI. Jadi, istirahatlah yang cukup agar kondisi fisik dan psikis Bunda bisa pulih, sehingga produksi ASI juga tetap lancar.

6. Jangan Memaksakan Puasa Bila Ibu Menyusui Tidak Sanggup
Jangan terlalu memaksakan diri ya Bunda. Pikirkan juga kesehatan diri Bunda dan bayi Bunda. Jika merasa tidak kuat atau bayi kamu membutuhkan asupan ASI secara lebih, Bunda sebaiknya membatalkan puasa. .
Naaah bagi ibu menyusui tak perlu khawatir lagi untuk dapat melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan. Jika masih ada keluhan seputar menyusui selama Puasa, datang dan konsultasikan dengan Dokter Laktasi kami.
Jadwal Poliklinik Laktasi :
Senin – Rabu : 13.00-16.00 WIB
Kamis – Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
.
RSIA Budhi Jaya
Jl. dr. Sahardjo No.120, Jakarta Selatan Tlp. (021) 8311722