PRODUK KAMI

PELAYANAN MENOPAUSE DAN OSTEOPOROSIS RSIA BUDHI JAYA

Menopause merupakan sebuah kondisi yang yang dialami wanita saat berhenti mengalami menstruasi yang terjadi seiring pertambahan usia. Usia terjadinya menopause pada tiap wanita berbeda-beda, tapi umumnya terjadi pada sekitar usia 50 tahun. Meski demikian, ada juga sebagian wanita yang mengalaminya sebelum usia 40 tahun. Inilah yang disebut menopause dini atau prematur.

Menopause prematur terjadi akibat ovarium berhenti menghasilkan hormon-hormon reproduksi dalam jumlah normal. Di samping fase alami, menopause juga dapat dipicu oleh sejumlah faktor. Di antaranya adalah:

  • Prosedur medis, misalnya operasi pengangkatan rahim atau ovarium.
  • Metode pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan radioterapi
  • Kondisi kesehatan tertentu, contohnya Sindrom Down atau Penyakit Addison.

Menjelang menopause, terdapat beberapa indikasi emosional serta fisik yang dapat dirasakan oleh seorang wanita. Gejala-gejala tersebut biasanya meliputi:

  • Perubahan pada siklus menstruasi, misalnya frekuensi menstruasi yang tidak teratur, volume pendarahan yang sedikit atau berlebih.
  • Sensasi rasa panas, berkeringat, dan jantung berdebar(hot flushes).
  • Kekeringan pada vagina yang dapat menyebabkan rasa gatal atau sakit saat berhubungan seks.
  • Penurunan gairah seks.
  • Berkeringat pada malam hari.
  • Gangguan tidur, seperti sering terbangun tiba-tiba dan insomnia.
  • Sulit konsentrasi.
  • Emosi yang tidak stabil, misalnya uring-uringan, sedih, atau depresi.
  • Kenaikan berat badan dan metabolisme yang lambat.
  • Sakit kepala.
  • Rambut yang menipis dan kulit kering.
  • Lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih

Osteoporosis adalah keadaan dimana kepadatan tulang mulai berkurang dan disertai kerusakan mikroarsitektur tulang, sehingga tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah.

Osteoporosis adalah keropos tulang yang dapat dicegah dan diobati dengan berbagai cara. Salah satu caranya ialah dengan latihan fisik

Cara Mencegah Osteoporosis yaitu :

  1. Kalsium yang cukup
    Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang, karena itu kebutuhan akan kalsium yang terbaik adalah dipenuhi. Sumber kalsium yang terbaik adalah makanan, tetapi bila tidak mencukupi maka diperlukan tambahan kalsium dari suplemen kalsium. Makanan yang mengandung kalsium adalah : susu, keju, yoghurt, kebutuhan kalsium > 50 tahun : 800 – 1200 mg.
  2. Vitamin D3
    Diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium pada usus, sehingga asupan kalsium dapat digunakan tubuh dengan maksimal. Kebutuhan Vitamin D3 usia > 50 tahun : 5 mcg.
  3. Bifosfonat
    Obat golongan bifosfonat bekerja dengan cara menghambat kerja sel penghancur tulang secara berlebihan. Beberapa jenis obat golongan bifosfonat; seperti alendronate, dapat digunakan untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
  4. Memperbaiki kebiasaan hidup
    Menghindari rokok, alkohol dan kopi yang berlebihan karena dapat menganggu pembentukan tulang.
  5. Pemeriksaan tulang
    Melakukan pemeriksaan tulang untuk mengetahui osteopororsis secara dini.
  6. Latihan Fisik
    Dianjurkan untuk melakukan weight bearing/ olahraga yang memberikan tekanan pada tulang.

Senam Osteoporosis terdiri dari :

  • Pemanasan + Peregangan
  • Latihan inti : aerobic, latihan beban, latihan keseimbangan
  • Pendinginan + peregangan

Tahapan Pemeriksaan :

  1. Penilaian apa yang perlu dilakukan pada penderita Osteoporosis sebelum melakukan latihan fisik :
    • Penilaian masalah kesehatan individu
    • Penilaian tingkat kebugaran
    • Penilaian massa tulang dengan BONE DENSITOMETRY.
  2. Program latihan disesuaikan dengan hasil tes (kondisi individu)
  3. Monitoring
  4. Evaluasi