Pengaruh Herpes Pada Kehamilan

Pengaruh Herpes Pada Kehamilan
June 3, 2019 budhijaya
In Promo

Herpes merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyakit ini biasanya menular melalui kontak langsung dari kulit ke kulit, hubungan seksual, atau berbagi sex toys.
.
Herpes pada wanita hamil juga bisa menular kepada anak yang sedang dikandungnya. Gejala yang timbul di antaranya demam, nyeri otot, mual, lelah, dan muncul luka atau lentingan yang terasa nyeri pada mukosa mulut atau vagina. Luka ini dapat menyebabkan keluhan nyeri saat berkemih.
.
Ibu sudah terinfeksi herpes sebelum mengandung
Jika ibu hamil sudah pernah terinfeksi penyakit herpes sebelum mengandung, kecil kemungkinannya akan membahayakan Si Kecil. Ini karena antibodi pelindung tubuh dan pelawan virus herpes akan diturunkan dari ibu kepada anak. .
Ibu terinfeksi herpes saat trimester pertama dan kedua masa kehamilan
Jika ibu pertama kali terinfeksi penyakit herpes pada trimester pertama atau kedua (sampai minggu ke-26), ibu berisiko tinggi mengalami keguguran.
Sedangkan jika kehamilan tetap berlanjut, tidak ada risiko lebih lanjut dalam pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil.
.

Ibu terinfeksi herpes saat trimester akhir kehamilan
Jika ibu pertama kali terinfeksi herpes saat trimester ketiga, terutama 6 minggu terakhir kehamilan, risiko Si Kecil tertular virus menjadi jauh lebih tinggi. Ini karena tubuh ibu tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat antibodi. Si Kecil dalam kandungan pun tidak akan mendapatkan antibodi terhadap virus ini.
.
Untuk mencegah penularan penyakit herpes pada wanita ke bayi, ibu disarankan untuk minum obat antivirus dan menjalani persalinan melalui operasi caesar. Karena jika melahirkan secara normal, Si Kecil bisa terkena virus melalui kontak dengan luka terbuka atau lentingan berisi cairan pada vagina ibu. .
Yuuk Bunda jaga kesehatan kehamilan Bunda dengan periksakan kehamilan secara rutin. Jam praktik Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan RSIA Budhi Jaya : Senin – Sabtu jam 07.00 – 21.00 WIB.
.
RSIA Budhi Jaya
Jl. dr. Sahardjo No 120, Tebet, Jakarta Selatan Tlp. (021) 8311722