Mitos & Fakta Seputar Kehamilan

Mitos & Fakta Seputar Kehamilan
May 15, 2019 budhijaya
In Promo

Dalam kehidupan sehari – hari, sering kita dengar pantangan baik makanan dan aktifitas yang tidak boleh dilakukan oelh Ibu Hamil karena akan berdampak buruk bagi kesehatan Ibu dan Janin.
.
Nah #sahabatbudhijaya, apa saja siih Mitos dan Faktanya??

1. Mitos : KONSUMSI DURIAN, NANAS, DAN TAPE BISA MEMBAHAYAKAN KANDUNGAN
Fakta : Konsumsi durian dan tape membuat tubuh menjadi panas mengingat kadar alkohol yang cukup tinggi. Sementara nanas muda dengan rasa sangat asam dalam jumlah berlebihan berpotensi memunculkan kontraksi, terlebih saat kandungan masih dini yang beresiko terjadinya keguguran.

2. Mitos : MEMOTONG DAN MENJAHIT BAJU DAPAT MEMBUAT BIBIR SUMBING PADA JANIN
Fakta : Bibir sumbing biasanya terjadi karena pengaruh obat-obatan bebas yang diminum saat hamil, efek radiasi, ataupun faktor genetika.

3. Mitos : KONSUMSI AIR KELAPA HIJAU MENJELANG AKHIR KEHAMILAN BISA MEMBUAT KULIT TUBUH BAYI BERSIH
Fakta : Air kelapa hijau memang diketahui tinggi kalori untuk memberi tenaga saat melahirkan dan mengandung banyak ion elektrolit agar tidak dehidrasi. Namun, tidak ada kaitan dengan kebersihan air ketuban atau kulit bayi.

4. Mitos : MINUM AIR ES BISA MEMBUAT BOBOT JANIN BERLEBIH
Fakta : Bayi besar mungkin bisa disebabkan karena ibu hamil mempunyai riwayat penyakit kencing manis (diabetes mellitus) atau terlalu banyak makan. Jadi, penyebabnya bukan karena air esnya, melainkan air es yang diberi sirup atau gula. Rasa manis inilah yang menyebabkan bayi menjadi kelebihan berat badannya.

5. Mitos : IBU HAMIL SEBAIKNYA MENGHINDARI MAKANAN MENTAH
Fakta : Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan mentah saat hamil karena akan merangsang timbulnya rasa mual yang berlebihan. Selain itu, pada bahan ikan ataupun telur yang tidak dimasak, dikhawatirkan mengandung kuman berbahaya bagi perkembangan janin.
.
Naah #sahabatbudhijaya, yuuk konsultasikan kehamilan Bunda dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan kami….
.
RSIA Budhi Jaya

Jl. dr. Sahardjo No. 120, Tebet, Jakarta Selatan Tlp. (021) 8292672 ext. 200