Metode Pemberian ASI Perah

Metode Pemberian ASI Perah
August 24, 2019 budhijaya
In Anak, Laktasi, Lifestyle

Banyak ibu yang belum mengetahui, bahwa pemberian ASI Perah dapat menggunakan beberapa media, seperti: gelas sloki, sendok, pipet, spuit dan softcup feeder.

Berikut cara pemberian ASIP perah menggunakan media :
1. Cup Feeder
Bentuk cup feeder ini menyerupai gelas. Pada saat pemberian ASIP dengan cup feeder ibu harus memangku bayi dengan kepada sedikit tegak dan harus berhati-hati agar bayi tidak tersedak.
2. Spoon Feeder/Sendok
Sebelum botol susu ditemukan, Bunda jaman dahulu sudah lebih familiar menggunakan sendok untuk memberikan ASIP kepada bayi. namun jika Bunda memutuskan menggunakan sendok, Bunda harus ekstra hati-hati karena ada kemungkinan ASIP akan tumpah.
3. Pipet
Bunda cukup memasukkan ASIP ke pipet lalu menekan ujung pipet untuk memberikan ASIP ke bayi. Saat memberikan ASIP tunggu sampai bayi menelannya dengan baik, baru Bunda bisa memberikan ASIP berikutnya ya.
4. Spuit
Sebelum menggunakan, singkirkan terlebih dahulu jarum suntiknya. Kemudian Bunda bisa mengisi spuit dengan ASIP lalu dekatkan ujung spuit ke mulut bayi sampai ia membuka mulutnya.

Jika Bunda akan menggunakan salah satu metode diatas, pastikan baik Bunda, pengasuh dan Bayi melakukan adaptasi terlebih dahulu agar terbiasa memberikan ASIP tanpa botol atau dot sehingga tidak terjadi bingung putting.

Ingin informasi lebih dalam mengenai Metode pemberian ASIP?? Yuuukk kunjungi Budhi Jaya Lactation Centre di Poliklinik RSIA Budhi Jaya.

Jadwal Poli BJLC :
Senin – Rabu jam 13.00 – 16. 00 WIB
Kamis – Sabtu jam 09.00 – 12.00 WIB

RSIA Budhi Jaya
Jl. Dokter Sahardjo No. 120 Telp. (021) 8292672 ext. 200