Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa???

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa???
May 18, 2019 budhijaya
In Promo

Bolehkah berpuasa Ramadan bagi ibu hamil?
.
Jika tubuh Ibu memiliki energi serta nutrisi yang cukup, maka berpuasa saat hamil tidak akan berdampak besar bagi kesehatan Ibu dan janin. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mempertimbangkan pilihan terbaiknya. Jika pada akhirnya Ibu memutuskan untuk berpuasa, berikut ini beberapa tips yang bisa Ibu lakukan agar tetap sehat dan bugar:

1. Hindari Lakukan Pekerjaan Berat
Kurangilah melakukan pekerjaan berat yang akan membuat Ibu merasa lelah. Selain itu, hindarilah pula berjalan dengan jarak jauh. Perbanyaklah waktu beristirahat, atau kurangilah waktu bekerja.

2. Carilah Tempat yang Menyejukkan
Puasa membuat Ibu rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, usahakanlah untuk selalu berada di ruangan yang sejuk agar terhindari dari risiko terkena dehidrasi.

3. Tenang dan Hindari Stres
Wanita hamil memiiki hormon stres yang lebih tinggi. Stres dapat berefek buruk bagi janin serta kondisi kesehatannya. Maka hindari stres agar kehamilan selama puasa berjalan dengan lancar.

4. Konsumsi Makanan Bernutrisi
Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat, seperti gandum utuh, sayuran, dan buah kering. Penuhi juga kebutuhan protein dari kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging yang sudah matang. Batasi makanan tinggi lemak dan makanan siap saji.

5. Hindari Makanan Manis
Hindarilah mengkonsumsi makanan manis karena dengan mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan kadar gula darah naik dan turun dengan cepat sehingga menimbulkan rasa lemas dan pusing.

6. Minum Air Putih yang Cukup
Cukupilah kebutuhan air putih Ibu per harinya, yakni sekitar 2 liter. Hindari pula mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi, karena minuman berkafein berisiko menyebabkan dehidrasi.
.
Yuuukk Bunda,konsultasikan dengan Dokter kami sebelum berpuasa…
.
RSIA Budhi Jaya
Jl. dr. Sahardjo 120 Jakarta Selatan, Telp (021) 8311722