3 Tahapan ASI dan Manfaatnya

3 Tahapan ASI dan Manfaatnya
August 9, 2019 budhijaya
In Anak, Laktasi

Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya asupan untuk si kecil hingga usianya 6 bulan.

ASI yang diproduksi memiliki 3 jenis yang berbeda dengan keunggulannya masing – masing. Ketiga jenis ASI ini dibedakan berdasarkan 3 tahap, yaitu ASI kolostrum, ASI transisi, dan ASI matur.

3 Jenis ASI yaitu :
1. ASI Kolostrum
Kolostrum keluar pada hari 1 – 4 setelah melahirkan, berwarna kekuningan dan lebih kental.
Kolostrum kaya akan protein, vitamin yang larut dalam lemak, mineral, dan immunoglobulin yang berfungsi untuk melindungi bayi dari paparan bakteri dan virus yang bisa memicu timbulnya penyakit.

2. ASI Transisi
ASI transisi menggantikan kolostrum dalam waktu 4 hari setelah melahirkan berwarna putih. Kandungan ASI transisi di antaranya adalah lemak yang tinggi, laktosa, vitamin, dan kalori yang jumlahnya lebih banyak daripada kolostrum.

3. ASI Matur
ASI matur, yang mulai keluar sekitar akhir dari minggu kedua setelah melahirkan berwarna kekuning-kuningan. ASI matur mengandung 90% air dan 10% karbohidrat, protein, dan lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan energi.

#sahabatbudhijaya masih bingung mengenai jenis – jenis ASI dan manfaatnya??? Jangan khawatir… Karena RSIA Budhi Jaya memiliki layanan Budhi Jaya Lactation Centre (BJLC) yang mampu menjawab segala pertanyaan dan masalah dalam menyusui.

Jadwal Poliklinik BJLC :
Senin – Rabu : 13.00 – 16.00 WIB
Kamis – Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB

RSIA Budhi Jaya
Jl. Dokter Sahardjo No. 120 Telp. (021) 8311722